Jl. Kelapa Gading No. 2

Perum Klodran, Klodran, Colomadu, Karanganyar 57172

Hotline Call

(031) 8678911
(0271) 7467842

Send E-Mail

client@mitrabajasafetindo.com admin@mitrabajasafetindo.com

Carbon Steel : Jenis,Sifat dan Aplikasi

Table of Contents

Carbon Steel dapat dikategorikan menurut kandungan karbonnya. Dengan demikian, dapat diklasifikasikan sebagai baja karbon low, mild, medium, high dan ultra-high.

Low Carbon Steel

Jenis baja karbon ini mengandung jumlah karbon paling sedikit (0,05 hingga 0,15%) dan jelas merupakan yang paling murah di antara yang lainnya. Seperti semua jenis lainnya, baja karbon rendah mengandung mangan, fosfor, dan belerang. Alloy ini juga mengandung perlite (kaca vulkanik padat non-kristalin alami) dan ferit (paduan besi). Sifatnya yang lembut dan ulet berkontribusi pada kemampuan dibentuk dan kemampuan las yang sangat baik. Karena sifatnya yang unik, baja ini paling sering digunakan dalam pembuatan peralatan rumah tangga, pelat timah dan panel bodi mobil.

Baca juga : HEAT TREATMENT FLUIDIZED BED

Mild Steel

Dengan kandungan karbon 0,16 hingga 0,29%, material jenis ini menunjukkan kelenturan yang sangat baik tetapi memiliki kekuatan tarik yang relatif rendah. Jika diperlukan, kekerasan permukaannya dapat ditingkatkan melalui karburasi, suatu proses heat treatement di mana kandungan karbon pada permukaan logam ditingkatkan untuk lebih mengeraskan material. Bahan ini umumnya digunakan dalam konstruksi dan untuk fabrikasi industri dan komersial juga.

Medium Carbon Steel

Baja Carbon jenis ini mengandung sekitar 0,30 hingga 0,59% karbon dan cukup ulet, tahan lama, dan kuat. Alloy ini juga tahan terhadap keausan dan paling baik digunakan dalam pembuatan suku cadang otomotif dan struktur logam besar. Baja karbon sedang paling sering digunakan dalam pembuatan as roda, roda gigi dan poros. Ini juga dapat digunakan dalam pembuatan sistem rel.

Contoh Carbon steel jenis medium ini adalah material S45C yang tersedia dalam bentuk round dan S50C yang kebanyakan dalam bentuk plate.

High Carbon Steel

Dengan kandungan karbon 0,6 hingga 0,99%, baja karbon tinggi menunjukkan kekuatan yang sangat baik dan paling baik digunakan dalam pembuatan pegas, kabel berkekuatan tinggi, paku batu, mata bor, alat pemotong logam dan kayu, serta mesin press. Namun, besi paduan keras ini memiliki sifat lebih rapuh dibandingkan dengan varietas lain dan dapat pecah jika salah penanganan.

Contoh material High Carbo Steel : SKS 3

Ultra High Carbon Steel

Dengan kandungan karbon sekitar 1 hingga 2%, baja jenis ini dapat ditempa untuk mencapai kekerasan yang unggul. Ini adalah jenis yang paling umum digunakan dalam pembuatan pisau.

Contoh Baja Karbon Ultra High : SKD 11, dan SKD 2

Aplikasi Baja Karbon yang umum dipakai di Indonesia

Jenis High dan Ultra High Carbon Steel .

Menurut Standardisasi AISI,  High dan Ultra High Carbon Steel masuk dalam kategori Cold Work Steel atau sering disebur juga “Tool Steel”. Dalam klasifikasi material ini, menurut AISI, diklasifikasikan dengan kode  D dan O.

Cold Work Steel diproduksi oleh pengerjaan dingin yang merupakan proses di mana baja mengalami tekanan mekanis dan akibatnya mengalami deformasi plastis. Sisi baik dari proses ini adalah membantu meningkatkan kekuatan tarik baja.

Bahan di kelas ini dicirikan oleh kekuatan dan kekerasan tinggi; namun, mereka cenderung mengalami sedikit distorsi yang disebabkan oleh proses pendinginan dan kontraksi termal.

Contoh material tool steel yang ada di pasaran :

  • Grade O1 setara dengan 1.2510 (W Nr.) / SKS3 (JIS) / OW4 atau SIHARD 2510 (Metal Ravne)
  • Grade D2 setara dengan 1.2379 (W Nr.) / SKD11 (JIS) / OCR12VM atau SIHARD 2379 (Metal Ravne)
  • Grade D6 setara dengan 1.2436 (W Nr.) / SKD 2 (JIS) / OCR12SP atau SIHARD 2436 (Metal Ravne)

Aplikasi Baja Cold work steel : cutting tools (kayu dan besi), punching tool, dies, deep drawing, stamping, mold accessories, dll

Jenis Medium Carbon Steel

Baja karbon jenis medium sangat cocok digunakan untuk komponen mesin,maka kategori baja ini sering disebut dengan machinery steel meskipun ada beberapa grade yang bisa dipakai untuk Plastic Mold Steel. Karakteristik material jenis ini adalah ulet, tahan momen puntir yang tinggi, dan ketahanan gesek cukup baik.

Grade material yang umum dipakai di pasaran Indonesia adalah Grade Standard JIS (Standard Jepang)

Contoh material machinery steel :

  • S50C/S45C setara dengan 1.1730 (W Nr.) / 1050 (AISI) / C45 (Metal Ravne)
  • SCM 415 setara dengan 1.7262 (W Nr.) / 3215 (AISI) / ECMO80 (Metal Ravne)
  • SCM 440 setara dengan 1.7225 (W Nr.) / 4140 (AISI) / VCMO140 (Metal Ravne)
  • SNCM 439 setara dengan 1.6582 (W Nr.) / 4340 (AISI) / VCNMO150 (Metal Ravne)

Aplikasi Baja Machinery Steel : shaft, axle, gear (roda gigi), pulley, dan komponen mesin lainnya.

PT Mitra Baja Safetindo menyediakan material Carbon Steel untuk berbagai macam aplikasi. Perusahaan ini menjual material dalam bentuk potongan sesuai dengan kebutuhan customer. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi Mitra Baja!

Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Carbon_steel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *